10 Manfaat Foreign Direct Investment (FDI) Atau Investasi Asing Langsung

Manfaat Foreign Direct Investment (Fdi) Atau Investasi Asing Langsung , Ekspansi global perusahaan multinasional (MNC) telah semakin meluas menyusul tindakan-tindakan dari banyak pemerintah menghapus berbagai hambatan perdagangan. Perusahaan-perusahaan multinasional biasanya mengambil manfaat dari kesempatan-kesempatan bisnis internasional dengan melakukan investasi langsung di luar negeri (Foreign Direct investment (FDI)), yang mencerminkan investasi dalam aset-aset rill di Negara-negara asing.

Perusahaan-perusahaan multinasional melakukan Foreign Direct investment (FDI) melalui usaha-usaha patungan dengan perusahaan asing, akuiisi perusahaan asing, dan pemebentukan anak-anak perusahaan baru di luar negeri. Semua jenis Foreign Direct investment (FDI) ini dapat menghasilkan pengembalian yang tinggi jika dikelola secara benar. Namun, Foreign Direct Investment (FDI) meminta investasi yang substansial, dan dengan demikian, mengandung risiko yang signifikan. Selain itu, jika investasi tidak menghasilkan kinerja seperti yang diharapkan, MNC mungkin tidak akan mampu menjual proyek luar negeri yang telah diciptakan. Mengingat karakteristik risiko dan pengambilan semacam ini, perusahaan multinasional harus menganalisa secara cermat manfaat potrensial dan biaya-biaya yang terkait sebelum mengimplementasikan suatu tipe Foreign Direct Investment (FDI) .

10 MANFAAT DARI FOREIGN DIRECT INVESTMENT (FDI) / INVESTASI ASING LANGSUNG

Baca Juga:
101 Istilah Pasar Modal Dalam Investasi Saham Yang Wajib Anda Ketahui


Cara Investasi Reksadana Untuk Pemula Dan Mahasiswa, Pahami Keuntungan Dan Risiko Reksadana

Rival Finance Partner Group (Jurnal Rival Populer)

Investasi langsung di luar negeri merupakan salah satu cara yang dipakai perusahaan multinasional untuk meningkatkan kemampulabaan dan menaikan kekayaan pemegang saham , Foreign Direct Investment (FDI) bisa menaikkan pendapatan atau mengurangi biaya dengan beberapa cara. Foreign Direct Investment (FDI) dapat:

Manfaat Foreign Direct Investment (FDI) Yang Pertama

• Menghindarkan sumber-sumber permintaan baru. Sebuah korporasi kadang-kadang dianggap mencapai suatu tahap pertumbuhan maksimal dinegara asal. Hal ini barangkali diakibatkan oleh tingginya persaingan untuk produk buatan perusahaan. Atau, jika persaingan tidak ketat, pangsa pasarnya dalam Negara asal mungkin hamper mencapai tingkat tertinggi. Jadi, solusinya adalah masuk kedalam pasar-pasar luar negeri yang memiliki sumber-sumber permintaan potensial. Sebagai contoh, Blockbuster Enetertainment Corporation baru-baru ini membuka took video di Australia, Chilie, Jepang dan beberpa Negara di eropa, tempat di mana konsep penyewaan video masih relatif baru. Karena telah memiliki lebih dari 2000 toko di AS, potensi pertumbuhan Blockbuster di AS sudah terbatas

Manfaat Foreign Direct Investment (FDI) Yang Kedua

• Memungkinkan MNC mengeksploitasi dimana laba superior dimungkinkan. Jika perusahaan lain dalam dalam industri telah membuktikan bahwa, laba abnormal dapat dihasilkan dalam psar-pasar tertentu, sebuah MNC juga sebaiknya memasuki pasar-pasar tersebut. MNC dapat menjual dengan harga yang lebih rendah dalam pasar-pasar yang dimaksud. Strategi ini bukan tidak memiliki kendala. Penjual-penjual yang telah ada dalam pasar-pasar tersebut sebelumnya mungkin akan mencegah pesaing baru merampas bisnis mereka dengan menurunkan harga jual tidak lama sebelum pesaing pesaing baru masuk ke dalam pasar.

Manfaat Foreign Direct Investment (FDI) Yang ketiga

Baca Juga:
Pengetahuan Tentang Investasi: Tujuan, Manfaat, Serta Jenis Investasi Yang Harus Anda Pahami


Cara Investasi Saham Bagi Pemula, Pahami Ini Guys

Rival Finance Indonesia

• Memungkinkan MNC untuk mengambil manfaat penuh dari skala ekonomis. Korporasi yang berupaya menjual produk utamanya di dalam pasar-pasar baru bisa menaikan laba dan kekayaan pemegang sahamnya melalui skala ekonomis (yaitu, biaya rata-rata per unit yang lebih rendah yang muncul karena meningkatnya biaya pruduksi). Motif semacam itu sangat mungkin mendorong perusahaan yang menggunakan banyak mesin dalam prosses produksinya.

Manfaat Foreign Direct Investment (FDI) Yang Keempat

• Memungkinkan MNC untuk memanfaatkan faktor pruduksi luar negeri. Biaya tenaga kerja dan tanah sangat bervariasi antar suatu Negara dengan Negara lain. Perusahaan-perusahaan multinasional bisa membentuk produksi di lokasi-lokasi yang tanah dan tenaga kerjanya murah. Krena pasar tidak sempurna, seperti informasi yang tidak sempurna, biaya transaksi relokasi, hambatan masuk ke dalam industri, dan sebagainya, biaya dari tenaga-tenaga kerja tertentu tidak selalu sama antar negara. Jadi, adlah sangat penting bagi perusahaan multinasional untuk mensurvey pasar-pasar untuk menentukan apakah mereka dapat mengambil keuntungan dari biaya produksi yang lebih murah.

Manfaat Foreign Direct Investment (FDI) Yang Kelima

• Memudahkan MNC untuk menggunakan bahan baku luar negeri. Karena adanya biaya transportasi, sebuah korpoarasi berupaya menghindar dari mengimpor bahan baku dari negara asing, terutama jika korporasi tersebut berencana menjual barang jadi kembali ke konsumen di negara asing tersebut. Dalam situasi semacam ini, solusi yang baik adalah membangun fasilitas produksi di negara dimana bahan baku tersedia.

Manfaat Foreign Direct Investment (FDI) Yang Keenam

• Memungkinkan MNC untuk memanfaatkan teknologi luar negeri. Semakin banyak korporasi yang mendirikan pabrik-pabrik atau mengakuisi pabriik-pabrik yang telah aada di liar negeri agar bisa mempelajari teknologi-teknologi dari negara-negar yang dimaksud. Teknologi ini kemudian digunakan untuk memperbaiki proses produksi pada semua anak perusahaan mereka di seluruh dunia.

Manfaat Foreign Direct Investment (FDI) Yang Ketujuh

• Memungkinkan MNC untuk mengeksploitasi keunggulan-keunggulan monopolistik. Teori organisasi industri menyatakan bahwa perusahaan melakukan intenasionalisasi jika memiliki sumber daya dan keahlian yang tidak dimiliki perusahaan pesaing. Jika sebuah perusahaan memiliki teknologi canggih dan telah mengeksploitasi keunggulan ini dalam pasar-pasar internasional. Teknologi tidak hanya terbatas pada kemampuan untuk mengembangkan produksi baru. Teknologi mencerminkan proses produksi, pemasaran atau pembiayaan yang lebih efisien. Sejauh perusahaa memiliki keunggulan di atas pesaing-pesaingnya, perusahaan semestinya mampu mengambil keuntungan dari internasionalisasi.

Manfaat Foreign Direct Investment (FDI) Yang Kedelapan

• Menjadi cara bagi MNC untuk bereaksi terhadap fluktuasi nilai tukar. Jika nilai dari suatu valuta asing dianggap terlalu rendah, perusahaan dapat mempertimbangkan investasi langsung di ngara yang dimaksud karena pengeluara investasi awal akan realtif rendah. Sebagai contoh, asumsikan bahwa sebuah perusahaan di AS dapat membangun fasilitas produksi di inggris dengan biaya £40 juta. Biaya dolar dari proyek ini adalah $77,2 juta pada awal tahun 1991, keitka pound inggris bernilai $1,93. Tetapi 6 bulan kemudian, biaya dolar dari proyek ini telah menjadi $65,2 juta (lebih rendah $12 juta) karena nilai pound telah menurun menjadi $1,63 pada saat itu. Karena keputusan untuk melakukan FOREIGN DIRECT INVESTMENT (FDI) sebagian tergantung pada biaya, pergerakan nilai tukar akan mempengaruhi keputusan ini.

Manfaat Foreign Direct Investment (FDI) Yang Kesembilan

Baca Juga:
Potensi Keuntungan Investasi Emas Di Pegadaian Bagi Masyarakat Pada Era Globalisasi


Mengapa MNC Melakukan Foreign Direct Investment? Ini Jawabannya

Rival Finance Indonesia

• Menjadi cara bagi MNC untuk bereaksi terhadap restriksi-restriksi perdagangan. Dalam sejumlah kasus, sebuah MNC menggunakan FOREIGN DIRECT INVESTMENT (FDI) sebagai strategi defensif, bukan strategi agresif. Sebagai contoh, produsen-produsen mobil jepang membangun pabrik di AS untuk mengantisipasi munculnya restriksi dagang yang lebih ketat yang akan menghambat ekspor mereka ke AS. Perusahaan-perusahaan jepang menyadari bahwa hambatan perdagangan akan membatasi atau bahkan menghentikan ekspor mereka. Sejak tahun 1980, pemerintah AS telah memunculkan banyak restriksi dagang atas mobil yang akan di impor ke AS.

Manfaat Foreign Direct Investment (FDI) Yang Kesepuluh

• Menjadi cara bagi MNC untuk melakukan diversifikasi internasional. Karena sebuah perekonomian tidak bergerak dengan laju yang sama secara sempurna dengan perokonomian lain dari waktu ke waktu, arus kas netro dari penjualan yang terjadi dari berbagai negara akan lebih stabil dibandingkan dengan arus kas netro dari produk yang dijual di satu negara saja. Dengan mendivesifikasi penjualan (atau bahkan produksi) ke berbagai negara, sebuah perusahaan dapat menciptakan arus kas netro yang lebih stabil. Jadi, kemungkinan timbulnya masalah-masalah likuiditas menjadi rendah. Selain itu, perusahaan bisa mendapatkan cost of capital yang lebih murah, karena pemegang-pemegang saham dan kreditor akan menganggap resiko yang dimiliki MNC rendah karena stabilnya arus kas.

Referensi

Academia Education dan berbagai sumber lainnya

1 thought on “10 Manfaat Foreign Direct Investment (FDI) Atau Investasi Asing Langsung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *