Materi Asuransi Lengkap: Pengertian, Jenis, dan Manfaat Asuransi

Rangkuman Materi Asuransi Lengkap, Disini kalian bisa menemukan artikel macam-macam asuransi lengkap, seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kerugian, asuransi perantanian. Jenis-jenis asuransi dan masih banyak lagi, silahkan buka link aktif yang sudah di sediakan untuk kalian semua. Dan jangan lupa sertakan sumber jika menguti artikel asuransi di web finance rival. Terimakasih atas kunjungannya

Materi Asuransi Lengkap

Materi asuransi lengkap, Asuransi memang dibeli dengan harapan tidak akan pernah dipakai. Sama seperti halnya membeli alat pemadam kebakaran, dibeli agar siap menghadapi risiko kebakaran, tetapi berharap tidak akan pernah terjadi risiko kebakaran. Untuk lebih jelas mengenai pengertian asuransi silahkan buka link aktif dibawah ini

Materi Asuransi Lengkap:
Pengertian Asuransi Kesehatan Serta Jenis dan Manfaat Asuransi Kesehatan, Cek Disini


Pengertian Asuransi Jiwa: Jenis Dan Manfaat Asuransi Jiwa


Pengertian Asuransi Secara Umum Dan Asuransi Menurut Para Ahli


Asuransi Pertanian: Pengertian, Hukum Dan Perkembangan Di Dunia


Dasar Hukum Asuransi Syariah Yang Harus Anda Pahami, Cek Disini

Partner Rival Finance (Jurnal Rival Populer)

Kajian ini dapat memberikan kesimpulan atau menjawab permasalahan yang dipaparkan dengan mengawali pengertian asuransi. Asuransi adalah suatu alat untuk mengalihkan risiko. Pengertian risiko adalah ketidakpastian yang bisa diperkirakan atau diukur, maka ketidakpastian yang tidak bisa diperkirakan tidak termasuk risiko. Perbedaan antara risiko dengan ketidakpastian terletak pada “ada dan tidaknya informasi” tentang ketidakpastian tersebut. Ketidakpastian yang tidak ada informasinya bukan disebut risiko.

Risiko sangat erat hubungannya dengan asuransi mengingat fungsi asuransi mendorong masyarakat untuk lebih memikirkan masa depannya. Berbagai produk asuransi diciptakan dan dipasarkan agar masyarakat dapat berjaga-jaga terhadap hal-hal yang tidak diinginkan dimasa mendatang. Asuransi juga mendorong masyarakat agar tidak tergantung pada pihak lain apabila terjadi risiko. Oleh karena itu asuransi berfungsi sebagai manajemen risiko.

Untuk Lebih Jelas Mengenai Pengertian Risiko dan Ketidakpastian Dalam Asuransi, Cek Disini

Prinsi-prinsip Asuransi

Adapun asuransi harus mempunyai prinsip-prinsip, pertama insurable interest yang maksudnya adalah objek yang diasuransikan harus mempunyai kepentingan secara hukum dan finansial apabila terjadi musibah atas objek yang diasuransikan sehingga berhak menerima ganti rugi. Prinsip kedua utmost good faith yaitu itikad baik. Prinsip ketiga proximate cause yaitu mencari penyebab utama terjadinya suatu risiko. Prinsip keempat indemnity yaitu prinsip ganti rugi dimana perusahaan asuransi hanya mengganti sesuai dengan harga yang wajar. Prinsip kelima subrogation yaitu perusahaan asuransi hanya mengganti sesuai dengan harga yang wajar. Prinsip keenam contribution yaitu perusahaan asuransi hanya wajib membayarkan ganti rugi secara pro rata sesuai dengan tanggung jawab menurut perbandingan yang seimbang. Untuk lebih jelas silahkan kunjungi link aktif dibawah ini

Materi Asuransi Lengkap:


6 Prinsip-prinsip Dasar Asuransi Yang Wajib Anda Pahami


Sejarah Asuransi Di Indonesia Dari Zaman Sebelum Masehi Sampai Sekarang


Daftar Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia 2019/2020, Ini Langkah Mudah Mendapatkannya

Materi Asuransi Lengkap

Jenis Jenis Asuransi serta Perbedaan Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan

Jenis-jenis asuransi ada empat macam yaitu asuransi jiwa yang terdiri dari tradisional dan non tradisional, asuransi kesehatan, asuransi harta benda dan asuransi kerugian.

Perbedaan dan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan terletak pada manfaat dan masa pertanggungan. Asuransi jiwa dirancang untuk membayarkan sekaligus (lump sum) dalam peristiwa kematian baik akibat sakit atau kecelakaan sedangkan asuransi kesehatan dirancang untuk melindungi nasabah agar tidak mengeluarkan uang untuk biaya pengobatan yang besar. Asuransi jiwa dapat berlangsung selama seumur hidup atau sesuai jangka waktu yang diinginak nasabah sedangkan asuransi kesehatan dapat berlansung hanya satu tahun kemudian diperpanjang sesuai keinginan nasabah. Lebih lengkap mengenai jenis-jenis asuransi dan perbedaan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan silahkan di cek pada link aktif dibawah ini

Materi Asuransi Lengkap:
Jenis-jenis Asuransi Yang Harus Anda Pahami Mulai Sekarang


Perbedaan Asuransi Jiwa Dan Asuransi Kesehatan Yang Harus Anda Pahami

Rival Finance Indonesia

Penulis juga menyimpulkan bahwa asuransi jiwa dan asuransi kesehatan wajib dimiliki oleh masyaraat karena keduanya saling mendukung. Asuransi jiwa tetap penting walaupun sudah punya asuransi kesehatan dari kantor karena perusahaan tidak akan menanggung tertanggung jika tertanggung tidak produktif lagi.

Asuransi kesehatan sangat membantu nasabah pada saat jatuh sakit dan harus di rawat inap dan inipun biasanya sudah disertai dengan asuransi jiwa yang juga penting karena uang yang diperoleh bila meninggal sewaktu-waktu, bisa membantu keluarga yang ditinggalkan. Asuransi kesehatan dapat melindungi masyarakat dari kesulitan ekonomi dalam pembiayaan kesehatan.

Manfaat Asuransi Kesehatan Lengkap:
Tujuh Manfaat Asuransi Kesehatan Untuk Keluarga Tercinta


Klaim asuransi kesehatan? Perhatikan 5 Hal Ini Terlebih Dahulu


Premi Asuransi: Pengertian, Fungsi Dan Komponen Premi Asuransi

Materi Asuransi lengkap

Faktor masyarakat memilih Asuransi Jiwa

Faktor yang mendorong masyarakat untuk mengikuti asuransi jiwa adalah tidak adanya dana darurat untuk mengatasi risiko baik kematian, sakit maupun cacat tetap dan jaminan pekerjaan saat ini apakah bisa menjamin masa depan.

Tantangan perusahaan asuransi jiwa di Indonesia disebabkan oleh kurangnya pemahaman masyarakat tentang asuransi, pendidikan penduduk Indonesia rata-rata masih rendah maka demand terhadap asuransi dan kesadaran membayar iuran rutin menjadi tantangan berat (KUPASI, 2013:19). Tantangan lain di masa depan adalah kemiskinan, situasi makro ekonomi yang melemah akibat kenaikan harga BBM bersubsidi, tuntutan penerapan PSAK 62 atau IFRS dan batas waktu pemenuhan modal minimum.

2 thoughts on “Materi Asuransi Lengkap: Pengertian, Jenis, dan Manfaat Asuransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *